Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

22 Bank Kucurkan Kredit Tol Cikampek-Palimanan

Kompas.com - 26/09/2012, 14:23 WIB
M Clara Wresti,
Didik Purwanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Sindikasi 22 bank siap mengucurkan kredit sebesar Rp 8,8 triliun kepada PT Lintas Marga Sedaya (LMS). Kredit ini akan dipakai untuk pembangunan jalan tol Cikampek-Palimanan yang panjangnya 116 kilometer.

Realisasi pengucuran kredit itu dilakukan di Hotel Gran Melia, Jakarta Selatan, Rabu (26/9/2012).

Dalam perjanjian itu, bank BCA dan Bank DKI bertindak sebagai pimpinan dan koordinator sindikasi (Joint Coordinator Mandated Lead Arrager and Bookrunners), dengan Bank Panin, Bank Jabar Banten, dan Bank ICBC yang bertindak sebagai Mandated Lead Arranger and Bookrunners.

Direktur utama LMS Muhammad Fadzil mengatakan, "Sejak peletakan batu pertama akhir 2011 lalu, kami telah melakukan sejumlah persiapan. Dan semuanya akan selesai akhir September ini."

Ini merupakan salah satu pembiayaan proyek infrastruktur terbesar sampai dengan saat ini. Jalan tol ruas Cikampek - Palimanan merupakan bagian dari proyek jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan dua ruas tol yang telah beroperasi yaitu Tol Jakarta - Cikampek dan Tol Palimanan - Kanci.

Sebelumnya ground breaking proyek Tol Cikampek - Palimanan sudah dilakukan pada akhir tahun lalu oleh PT Lintas Marga Sedaya selaku pemegang konsesi. Jalan tol sepanjang 116,75 kilometer itu terbagi menjadi enam seksi yakni seksi I Cikopo - Kalijati sepanjang 29,12 kilometer, seksi II Kalijati - Subang 9,56 kilometer, dan seksi III Subang - Cikedung sepanjang 31,37 kilometer.

Dilanjutkan dengan seksi IV Cikedung - Kertajati sepanjang 17,66 kilometer, seksi V Kertajati - Sumberjaya 14,51 kilometer, dan seksi VI Sumberjaya - Palimanan 14,53 kilometer dan memiliki jumlah simpang susun (interchange) sebanyak tujuh buah (SS Cikopo, Kalijati, Subang, Cikedung, Kertajati, Sumberjaya dan Palimanan).

Jika telah beroperasi maka jalur Jakarta - Cirebon yang selama ini harus melalui Pantura (Pantai Utara), dapat dilalui oleh jalan tol ini. Selain itu, jalur Bandung - Cirebon juga dapat melewati sebagian jalan tol ini.

Dengan dioperasikannya jalan tol ini, maka waktu tempuh dari Cikampek ke Palimanan diperkirakan hanya sekitar 1,5-2 jam (dengan kecepatan 60 - 80 km/jam) atau hemat waktu 1,5 - 2 jam dan hemat jarak tempuh sekitar 40 km dibandingan melewati jalan arteri Pantura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com