Kamis, 24 Juli 2014

News / Bisnis & Keuangan

Dahlan: Merpati Itu Pesawat Legendaris

Kamis, 27 September 2012 | 10:47 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri BUMN Dahlan Iskan menganggap bahwa Merpati Nusantara Airline merupakan maskapai legendaris. Sebab, maskapai tersebut merupakan maskapai pertama yang dipakai di Indonesia untuk penerbangan ke seluruh Nusantara.

"Karena begitu legendarisnya pesawat Merpati ini, khususnya di Indonesia timur, semua pesawat yang datang akan disebut Merpati," kata Dahlan saat memberikan sambutan di Peringatan 50 Tahun Merpati di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu malam (26/9/2012).

Menurut Dahlan, sebenarnya banyak pihak yang menghendaki Merpati tidak boleh mati. Ia mengatakan, Merpati sudah menjadi salah satu ikon penerbangan di Tanah Air, khususnya di Indonesia timur. Saat Merpati mengurangi pesawatnya dan mulai masuk maskapai Garuda Indonesia, masyarakat justru menyebut Merpati berekor biru.

"Begitu juga saat maskapai Lion masuk ke Indonesia timur, mereka malah menyebut Merpati berekor merah karena maskapai tersebut identik dengan warna merah. Dengan demikian, kalau masyarakat menghendaki agar Merpati tetap hidup, itu memang sudah sewajarnya," tuturnya.

Untuk mencapai kebangkitan Merpati, Dahlan pun mengapresiasi jajaran manajemen yang telah berusaha mendatangkan pesawat baru, baik berjenis Airbus, jet maupun pesawat dengan jumlah kursi hanya 50-100 kursi penumpang. Selain itu, Merpati juga diminta bersinergi dengan perusahaan BUMN lainnya. Kini, sudah berlangsung sinergi antara lain dengan PT Telkom untuk layanan call center, layanan pesawat kargo dengan PT Pos Indonesia, layanan online booking dengan Bank Mandiri, BRI, Bank Permata, dan BCA, begitu juga dengan co-branding-nya.

Uraian lebih lebih lengkap silakan klik Merpati


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Didik Purwanto
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary