Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Kejar Target Investasi Perikanan Rp 1,5 Triliun

Kompas.com - 28/09/2012, 19:55 WIB
Brigita Maria Lukita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Kelautan dan Perikanan menargetkan nilai investasi pengolahan ikan tahun ini Rp 1,5 triliun, atau meningkat dibandingkan dengan 2011 sebesar Rp 1 triliun.

Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Saut Hutagalung, di Jakarta, Jumat (28/9/2012), mengemukakan, hingga saat ini, nilai investasi baru pengolahan ikan sudah mencapai Rp 700 miliar.

Investasi itu di antaranya untuk usaha rumput laut dan produk kemasan perikanan. Dengan investasi itu, nilai ekspor perikanan ditargetkan naik dari 3,6 miliar dollar AS menjadi 4,2 miliar dollar AS.

Peningkatan ekspor terutama ditargetkan berasal dari produk udang senilai 400 juta dollar AS dan ikan senilai 200 juta dollar AS.

Ketua Umum Asosiasi Pengolahan dan Pemasaran Produk Perikanan Indonesia (AP5I) Thomas Darmawan mengemukakan, konsumsi ikan per kapita diperkirakan meningkat dari 31 kilogram pada 2011 menjadi 38 kg tahun 2015.

Kenaikan konsumsi ikan sebanyak 7 kg per kapita tersebut membutuhkan penambahan pasokan sebanyak 2 juta ton ikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com