Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran di Bayung Lencir Dipicu Pencurian Minyak

Kompas.com - 03/10/2012, 15:30 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebakaran terjadi di Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan pada Rabu (3/10/2012) pagi. Kebakaran yang menelan korban jiwa itu diduga karena penjarahan minyak yang diproduksi PT Pertamina.

Kobaran api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 11.50 WIB. Proses pemadaman dilakukan tim Pertamina didukung perusahaan dan instansi yang berada di sekitar lokasi kejadian.

Menurut Manager Humas PT Pertamina EP Agus Amperianto, dalam keterangan pers, di Jakarta, hingga saat ini pihak Pertamina masih mengusut kerugian yang ditimbulkan akibat kejadian tersebut.

Agus menjelaskan, kebakaran di kilometer 219 Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan terjadi pada Rabu (3/10/2012) pagi. Kebakaran terjadi diduga kuat akibat aksi penjarahan minyak mentah dari pipa Tempino-Plaju di daerah tersebut.

Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya pipa paralon dan bak galian tanah yang menjadi tempat penampungan minyak jarahan di sekitar lokasi kejadian.

Koordinasi penanggulangan telah dilakukan antara pihak Elnusa selaku pelaksana operasional dan pemeliharaan, pihak Pertamina, kepolisian, Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Migas, dan aparat setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com