Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alfa Midi dan Alfamart Akan Menjual Ikan?

Kompas.com - 12/10/2012, 09:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menggandeng PT Midi Utama Indonesia Tbk dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk untuk memasarkan produk ikan olahan usaha kecil menengah (UKM). Namun sebelumnya, KKP lebih dulu menyeleksi UKM yang kemudian merekomendasikan penjualan produknya ke usaha ritel.

Saut Parulian Hutagalung, Dirjen Pemasaran dan Pengolahan Hasil Perikanan (P2HP) KKP, mengatakan, kerja sama ini bertujuan meningkatkan pasar dan kualitas ikan olahan. Sebelumnya, KKP juga telah bekerja sama dengan Carrefour dan Lotte Mart. KKP juga telah merekomendasikan 18 produk ikan olahan, seperti abon dan dimsum ikan.

Santoso Kurniadi, Marketing and Business Development Director Midi Utama Indonesia, bilang, selama ini perusahaannya sudah bekerja sama dengan lebih dari 20 UKM. Dalam kerja sama itu, Alfa Midi tidak akan memberlakukan kuota minimal dan menjanjikan pembayaran cepat.

Thomas Darmawan, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Pengolahan dan Pemasaran Produk Perikanan Indonesia (AP5I), mengakui, hanya 5 persen-10 persen dari pasar produk ikan olahan senilai Rp 100 miliar per tahun diproduksi UKM. Padahal, "Permintaan makanan olahan tumbuh 20 persen per tahun," katanya. (Handoyo/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com