Festival Film Indonesia Dimulai - Kompas.com

Festival Film Indonesia Dimulai

Kompas.com - 14/10/2012, 17:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rangkaian Festival Film Indonesia (FFI) 2012 yang menjadi ajang tertinggi penghargaan dunia film di negeri ini resmi dimulai, Sabtu (13/10/2012) kemarin.

Gedung Bioskop Metropole (Megaria) menjadi tempat dimulainya FFI tahun ini, ditandai dengan pemukulan gong oleh Dirjen Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya Kementerian Parwisata dan Ekonomi Kreatif, Ukus Kuswara, dan didaftarkannya beberapa judul film secara simbolik. FFI tahun ini bertemakan Film Kita Wajah Kita.

FFI merupakan upaya untuk merayakan kreatifitas bagi para pekerja perfilman di Indonesia, dan juga merupakan salah satu bentuk pengakuan dan penghargan bagi pekerja perfilman Indonesia.

"FFI 2012 bertujuan membangun dan mengangkat kembali citra perfilman Indonesia agar lebih inovatif, kreatif dan berdaya saing ser ta dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan selalu berusaha meningkatkan kualitas penyelenggaraan FFI," kata Ukus.

Puncak acara FFI 2012 akan dilaksanakan pada awal Desember 2012 di halaman gedung Vredeburg, Yogyakarta. Gedung ini cukup bersejarah bagi masyarakat Yogyakarta dan Indonesia. Masyarakat juga mengenal lokasi sekitarnya sebagai kawasan Nol Kilometer atau Simpang Air Mancur.

Untuk jumlah peserta, panitia memperkirakan sekitar 60 film bioskop akan meramaikan FFI 2012 yakni film yang lulus sensor periode 1 Oktober 2011 hingga 31 Oktober 2012. Sementara untuk FTV diperkirakan sekitar 50 judul, yang dapat diikutsertakan sebagai peserta FFI 2012.

FFI mengapresiasi dan memberi penghargaan untuk film bioskop, FTV, film dokumenter, dan film pendek.

 


EditorAgus Mulyadi

Close Ads X