Sabtu, 25 Oktober 2014

News / Regional

Bendungan Way Ela Berpotensi Jebol Ancam 4.000 Jiwa

Selasa, 16 Oktober 2012 | 14:56 WIB

MANADO, KOMPAS.com — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperingatkan, bendungan alam Way Ela di Desa Negeri Lima, Kabupaten Maluku Tengah, berpotensi jebol jika hujan turun deras di daerah itu.

Sebanyak 4.777 jiwa warga Desa Negeri Lima terancam terseret banjir bandang jika bendungan alam Way Ela tersebut benar-benar jebol.

Sebanyak 87 juta meter kubik air di bendungan alam tersebut berpotensi jebol dan dapat menerjang desa hanya dalam waktu 5 menit. Volume ini lebih dari 41 kali lipat dari volume Situ Gintung yang pernah jebol pada 27 Maret 2009 di Ciputat, Tangerang.

Peringatan itu disampaikan Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Dr Sutopo Purwo Nugroho melalui siaran pers kepada Kompas.com, Selasa (16/10/2012).

Menurut Sutopo, bendungan alam ini terbentuk dari longsor bukit akibat curah hujan yang tinggi dan menyebabkan banjir besar di Pulau Ambon pada tanggal 13 Juli 2012.

Material longsoran berupa tanah dan bebatuan dengan volume yang sangat besar menutup total aliran Sungai Way Ela. Bendungan alami ini terbentuk dengan tinggi tubuh bendungan lebih kurang 200 meter, dan panjang sekitar 300 meter.

Sementara itu, material longsoran yang berada pada daerah hilir tubuh bendungan alami membentang hingga sekitar 1.000 meter. Pada daerah hulu, tubuh bendungan alami telah terisi air dengan kedalaman sekitar 20 meter dengan lebar genangan pada permukaan 200 meter dan panjang genangan 1.000 meter.

"Volume air saat ini sekitar 87 juta meter kubik. Saat ini, volume air terus bertambah sehingga dikhawatirkan melimpas," kata Sutopo dalam siaran pers itu.

Sutopo memperkirakan, jika curah hujan sangat tinggi, maka bendungan alam tersebut berpotensi jebol dan menyebabkan banjir bandang yang mengancam penduduk 4.777 jiwa atau 895 KK di Desa Negeri Lima.

Diperkirakan akan terjadi banjir bandang pada area lereng bendungan bila curah hujan mencapai 50 mm/jam. Mengingat ketinggian bendungan 215 meter di atas permukaan laut dan jaraknya hanya 2,25 km dengan Desa Negeri Lima, maka diperkirakan terjangan banjir bandang hanya akan ditempuh sekitar 5 menit untuk menggelontorkan volume air 87 juta meter kubik sampai ke desa.
 

 


Editor : Farid Assifa