Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Lada Turun karena Permintaan India Melemah

Kompas.com - 16/10/2012, 15:15 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pada penutupan perdagangan di NCDEX (National Commodity and Derivatives Exchange), harga Lada ditutup melemah. Harga lada berjangka untuk penyerahan Oktober 2012 ditutup pada level 43.660 rupee (Rp 7.890.000) per ton dari harga sebelumnya 43.350 rupee (Rp 7.834.000) per ton.

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, Selasa (16/10/2012) melaporkan penurunan harga lada dipengaruhi prediksi akan terjadi peningkatan pasokan lada dari Vietnam dan penurunan permintaan ekspor lada India. Di India dan Lampung, harga lada hitam meningkat, sementara di Vietnam, Sarawak, dan Sri Lanka menurun.

Jumlah total produksi lada India selama tahun 2012 diperkirakan mencapai 43.000 ton atau mengalami penurunan produksi pada 2011 sebesar 48.000 ton. Perkiraan penurunan produksi karena cuaca buruk, areal yang lebih rendah dan penurunan produktivitas akibat hama penyakit.

Sementara itu di Lampung, harga lada hitam di Kabupaten Lampung Timur masih bertahan tinggi pada pekan kedua Oktober 2012, yakni pada level harga Rp 45.000 per kilogram. Musim kemarau berdampak pada minimnya pasokan lada akibat penurunan produktivitas.

Berkurangnya pasokan lada juga disebabkan banyak petani yang beralih pada komoditas lain, seperti kakao dan karet yang perawatan tanamannya lebih mudah dibandingkan tanaman lada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com