Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNI Isyaratkan Divestasi BNI Multifinance

Kompas.com - 17/10/2012, 12:03 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) Gatot M Suwondo mengisyaratkan akan melepas divisi perusahaan multifinance. Sebab perseroan akan fokus ke BNI Life, BNI Sekuritas dan BNI Syariah.

"Untuk anak usaha, kami masih menginginkan di perusahaan asuransi, sekuritas dan syariah masih mayoritas. Tapi untuk multifinance, kami ingin minoritas," kata Gatot selepas konferensi pers di kantor BNI 46 Jakarta, Selasa (16/10/2012).

Menurut Gatot, hingga saat ini perseroan sedang mencari mitra strategis untuk investor BNI Multifinance. Bahkan BNI akan melego saham di anak perusahaannya itu dengan porsi yang cukup besar. Namun Gatot enggan menjelaskan porsi saham di BNI Multifinance yang akan dilepas ke pasar.

Sampai saat ini pihaknya juga belum membuka proses uji tuntas (due diligence). "Kami akan perbaiki dulu (BNI Multifinance), nanti kami akan cari investornya," jelasnya.

Sekadar catatan, PT BNI Multi Finance sebelumnya bernama PT Swadharma Multi Finance yang merupakan peralihan dari PT BNI-AMEX Leasing yang didirikan tanggal 8 April 1983, dan semula merupakan usaha patungan antara PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dengan American Express leasing Corporation, Amerika Serikat.

Sejalan dengan pengunduran diri American Express Leasing Corporation dari usaha leasing di seluruh dunia, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk memutuskan untuk mengambil alih seluruh saham American Express Leasing Corporation dan sekaligus mengganti nama perusahaan, dengan perubahan nama perusahaan yang terakhir menjadi PT BNI Multi Finance.

Hingga saat ini, BNI memegang 99,99 persen saham BNI Multi Finance. Sisanya 0,01 persen dipegang oleh Koperasi Karyawan PT BNI Multi Finance.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com