Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLTU Cirebon Diresmikan

Kompas.com - 18/10/2012, 14:49 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Cirebon 1 x 660 megawatt (MW), pada Kamis (18/10/2012). Proyek yang menelan investasi 850 juta dollar AS itu akan memasok jaringan listrik ke jaringan Jawa-Bali selama 30 tahun.

PLTU Cirebon dibangun dengan skema listrik swasta oleh konsorsium Indika Energy Tbk, Marubeni Corporation, Korea Midland Power Company, dan Samtan Co Ltd. Menurut keterangan resmi PT Cirebon Electric Power, perusahaan patungan yang mengoperasikan PLTU Cirebon, pembangkit listrik itu merupakan listrik swasta pertama yang ditenderkan secara internasional setekag krisis ekonomi 1997-1998.

PLTU Cirebon akan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan Jawa-Bali. Pembangkit itu akan menambah pasokan listrik sampai sebesar 5.500 GWh per tahunnya.

Dari sisi teknologi, proyek itu juga merupakan perintis dalam penggunaan teknologi boiler atau mesin pemanas superkritikal yang mampu mengolah batubara kalori rendah, yang banyak tersebar di Indonesia secara efisien.

Proses konstruksi pembangkit itu butuh waktu 40 bulan dengan kontraktor pelaksana Doosan Heavy Industry (DHI). Untuk unloading batubara, PLTU itu dilengkapi jetty sepanjang 2 kilometer, 2 unloading crane dan conveyer, yang mampu mengangkut batubara hingga 1.300 ton per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com