Sabtu, 20 Desember 2014

News / Bisnis & Keuangan

Energi

PLTU Cirebon Diresmikan

Kamis, 18 Oktober 2012 | 14:49 WIB

CIREBON, KOMPAS.com- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Cirebon 1 x 660 megawatt (MW), pada Kamis (18/10/2012). Proyek yang menelan investasi 850 juta dollar AS itu akan memasok jaringan listrik ke jaringan Jawa-Bali selama 30 tahun.

PLTU Cirebon dibangun dengan skema listrik swasta oleh konsorsium Indika Energy Tbk, Marubeni Corporation, Korea Midland Power Company, dan Samtan Co Ltd. Menurut keterangan resmi PT Cirebon Electric Power, perusahaan patungan yang mengoperasikan PLTU Cirebon, pembangkit listrik itu merupakan listrik swasta pertama yang ditenderkan secara internasional setekag krisis ekonomi 1997-1998.

PLTU Cirebon akan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan Jawa-Bali. Pembangkit itu akan menambah pasokan listrik sampai sebesar 5.500 GWh per tahunnya.

Dari sisi teknologi, proyek itu juga merupakan perintis dalam penggunaan teknologi boiler atau mesin pemanas superkritikal yang mampu mengolah batubara kalori rendah, yang banyak tersebar di Indonesia secara efisien.

Proses konstruksi pembangkit itu butuh waktu 40 bulan dengan kontraktor pelaksana Doosan Heavy Industry (DHI). Untuk unloading batubara, PLTU itu dilengkapi jetty sepanjang 2 kilometer, 2 unloading crane dan conveyer, yang mampu mengangkut batubara hingga 1.300 ton per jam.


Penulis: Evy Rachmawati
Editor : Marcus Suprihadi