Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Hebat : Bursa Wirausaha Muda Kreatif

Kompas.com - 23/10/2012, 08:33 WIB

Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan  Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mengelar acara bursa wirausaha muda di Bale kota, Tangerang, Banten pada 27-28 Oktober 2012. Bursa wirausaha muda ini digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpa Pemuda.

Acara yang berlangsung dua hari ini akan mengambil tema ‘Indonesia Hebat’,  Menurut Deputi Kemenko Perekonomian Bidang Industri dan Perdagangan Edy Putra Irawadi,  acara bursa wirausaha muda merupakan puncak  promosi Entrepreneurship yang sudah dilakukan bertahun-tahun melalui pelatihan , konseling, penguatan kelembagaan.

“Ini dalam rangka mendorong wirausaha muda, jangan lagi pemuda-pemuda kita hanya jadi penonton tapi menjadi pekerja makanya kita mengambil tema khusus bursa wirausaha muda, artinya tempat wirausaha muda mencari manfaat ekonomi itu yang akan kita lakukan pada 27-28 Oktober,” ujarnya dalam jumpa pers di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (22/10/2012).

Lebih lanjut ia mengatakan acara ini juga untuk mengkoneksikan antara kebijakan dan program-program pemerintah yang belum tersosialisasi secara baik dan dimanfaatkan dengan baik oleh kawan-kawan wirausaha muda. 

Ketua Bidang V Industri Kreatif, Teknologi Informasi dan Media (ITI) Ariful Yaqin Hidayat mengatakan HIPMI sangat apresiasi terhadap program-program pemerintah yang saat ini sedang gencar-gencarnya mengakat pemuda dan pemudi Indonesia.  “Kami siap menjadi garda terdepan dalam mendorong menciptaan wirausaha pemuda dan wirausaha pada umumnya dan kita apresiasi sekali mengenai program-program pemerintah,” ujarnya.

Ia juga mengatakan akan mengerakan anggota-anggota HIPMI dalam acara bursa wirausaha muda agar mendapat kualitas lebih baik. Acara ini, sambung dia, juga akan mempengaruhi perekonomian Indonesia kedepan. “ Kita sekali lagi selalu diingatkan tidak lama lagi, mau nggak mau, suka tidak suka kita dihadapkan pada ASEAN economik komuniti yang nantinya  pasar akan bebas, benar kata pak Edy apakah pemuda kita hanya akan jadi penonton, atau apakah pemuda kita akan jadi pelakunya. Dari situ HIPMI akan menjadi yang terdepan dalam menyuarakan dan menciptakan para wirausaha muda,” tuturnya.

Sementara Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Taufan Eko Nugroho Rotorasiko mengaku sangat mendukung  program bursa wirausaha muda. Ia berharap kegiatan ini tidak akan menjadi kegiatan satu dua hari saja , tapi bisa mengembangkan momentum ini pada saatnya nanti banyak pemuda dan pemudi Indonesaia yang berwirausaha.

Kegiatan bursa wirausaha muda ini meliputi forum yakni pelatihan wirausaha wisata bahari, pelatihan wirausaha pemula, sosialisasi peluang usaha dalm pelaksaan program pemerintah (sislognas, MP3EI, E-Procurement, Penguatan produk dalam negeri/TKDN), pelatihan wirausaha kuliner, wirausaha agro bisnis, pembekalan kepemimpinan dan dialog dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa.

Ekspo meliputi ragam stand yakni temuan baru produk inovatif, produk dalam negeri, flora, potensi wisata bahari, industri kreatif, islamic fashion, lembaga pendidikan, jasa pelayanan publik (NSW, SISLOGNAS, MP3EI, PTSP, Batik Single Gateway, Standarisasi, dan BPOM), Lembaga pembiayaan (LPEI, KUR, Keuangan Syariah) serta atraksi kreatif budaya.

Kementeria Koordinator Bidang Perekonomian memprediksi pengunjung diperkirakan mencapai 8000 orang setiap harinya baik masyarakat umum maupun para wirausaha muda.(adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com