Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gita Wirjawan Bertemu Mendag Inggris

Kompas.com - 31/10/2012, 17:04 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan melakukan pertemuan dengan Menteri Perdagangan dan Investasi Inggris Lord Stephen Green, Selasa (30/10) di London, Inggris.

Pertemuan kedua Menteri tersebut dilakukan dalam kerangka Annual Trade Talks yang telah dimulai tahun lalu di Jakarta pada 1 November 2011. Beberapa isu yang dibahas oleh kedua Menteri Perdagangan antara lain terkait peningkatan total nilai perdagangan kedua negara dari 2,9 miliar dollar AS pada tahun 2011 menjadi 6 miliar dollar AS pada tahun 2015.

Target penggandaan total nilai perdagangan ini dinilai memungkinkan mengingat ekonomi kedua negara yang pada dasarnya saling melengkapi (komplementer) serta masih sedikitnya pangsa pasar perdagangan kedua negara yang belum dimanfaatkan.

Meski demikian, Gita menekankan kepada mitranya bahwa target peningkatan perdagangan tersebut dapat tercapai jika sejumlah hambatan untuk memasuki pasar Inggris dapat diatasi.

"Dalam pembicaraan, kami secara khusus menekankan kembali keinginan agar Inggris dapat membantu Indonesia dalam memenuhi ketentuan REACH atau Registration, Evaluation, Authorization and Restrictions of Chemicals, dan juga agar Inggris ikut mendorong Uni Eropa segera memberikan pengakuan atas Sistem Verifikasi Legalitas Kayu Indon esia (SVLK)," tegas Mendag dalam siaran pers Rabu (31/10/2012).

Selain kedua isu tersebut, Indonesia juga menyampaikan concern terhadap rencana penerapan ketentuan product's environmental footprint, serta indikasi bahwa Inggris sedang mempertimbangkan kebijakan plain packaging of tobacco products seperti yang akan dilaksanakan Australia mulai Desember mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com