Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2012, 13:48 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Karyawan supermarket Carrefour kembali menggelar aksi unjuk rasa Jumat (2/11/2012) siang. Kali ini, mereka memblokade pintu masuk utama supermarket dengan sebuah truk. Akibat blokade itu, otomatis tidak ada pembeli yang masuk di supermarket yang ada di Jalan Ahmad Yani, Surabaya, itu.

Selain blokade pintu masuk supermarket, sebelumnya puluhan karyawan juga sempat memblokade Jalan Ahmad Yani dan macet pun tidak terhindarkan. Namun, aksi blokade jalan tidak berlangsung lama setelah polisi membubarkan paksa aksi buruh ini. Hal itu mengingat Jalan Ahmad Yani adalah jalur protokol penghubung Surabaya-Sidoarjo.

Sama seperti kemarin, para pekerja supermarket Carefour menuntut kejelasan status mereka pascaakuisisi PT Alfa Ritelindo oleh PT Carrefour Indonesia. ''Semua aset dipindah tangan ke PT Carrefour, hanya karyawan yang tidak. Kami masih bekerja pada PT Alfa yang sahamnya hanya 0,2 persen,'' kata Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Surabaya Dandy Prayitno.

Aksi blokade itu, kata Dandy, juga sebagai bentuk keprihatinan atas perlakuan manajemen dalam merekrut karyawan lulusan SMU sebagai karyawan magang. Mereka dipekerjakan harian dengan upah Rp 6.500 per hari dengan tanggung jawab yang relatif sama dengan pegawai lainnya.

''Ini sama saja dengan perbudakan model baru,'' tandasnya.

Perwakilan karyawan sempat ditemui oleh kuasa hukum PT Alfa Retailindo, tetapi karyawan menolak. Mereka hanya ingin ditemui oleh pihak manajemen PT Carrefour.

Jika hari ini belum ada keputusan, besok para karyawan mengancam akan mengerahkan massa yang lebih banyak dari kalangan serikat buruh Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com