Rabu, 30 Juli 2014

News / Bisnis & Keuangan

Kunci Sukses Ade Bungsu di Bisnis Asuransi

Senin, 5 November 2012 | 12:43 WIB

Baca juga

KOMPAS.com - Kebutuhan memiliki asuransi terus tumbuh di masyarakat. Namun, tidak sedikit yang belum memiliki kesadaran untuk itu. Padahal, asuransi merupakan salah satu cara perlindungan untuk individu maupun keluarga untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan sehingga hilangnya sumber pendapatan utama.  

Masih banyak tantangan yang harus dihadapi untuk mendorong kesadaran akan hal tersebut. Banyak perusahaan asuransi yang telah menawarkan pilihan paket menarik sesuai kebutuhan dan kemampuan masyarakat. Masing-masing memiliki daya tawar yang kuat sesuai target pasarnya.

Bagaimana perusahaan asuransi mencari solusi atas tantangan tersebut? Ade Bungsu, yang saat ini sudah menjadi Chief Marketing Officer AIA Financial, menjawab pertanyaan tersebut. Berikut petikan wawancara dengan Ade Bungsu:

Bagaimana prospek dan peluang bisnis asuransi di Indonesia?

Masyarakat Indonesia relatif belum memiliki asuransi atau cadangan dana yang cukup untuk melindungi diri dan keluarga. Hasil riset AIA Financial dari 10 kota di Indonesia menunjukkan 77 persen orang Indonesia tidak memiliki kebutuhan proteksi atau asuransi yang cukup.

Bagi kami, hal ini merupakan peluang sekaligus tantangan. Hal ini kami sikapi melalui berbagai inovasi produk, agresivitas berbagai jalur distribusi, pelatihan tenaga penjual yang memadai, dan berbagai inovasi lainnya.  

Tantangan apa saja yang dialami selama menjadi CMO di AIA?

Dalam bisnis akan selalu ada peluang dan tentu juga tantangan. Tapi hal tersebut senantiasa kami kolaborasi untuk menghasilkan motivasi positif untuk menghasilkan yang terbaik bagi para pemangku kepentingan kami. Sosialisasi untuk mengurangi kesenjangan proteksi, peningkatan kualitas tenaga pemasar, dan inovasi produk adalah segelintir tantangan yang kami tanggapi secara positif.

Bagaimana visi AIA dalam menjalankan bisnis asuransi di Indonesia?

AIA memiliki visi untuk menjadi penyedia jasa keuangan yang paling dibutuhkan dan terpercaya di Indonesia. Kami akan menjadi pemimpin di setiap jalur usaha dengan menawarkan beragam produk dan layanan yang fleksibel, inovatif dan bernilai tinggi, melalui berbagai jalur distribusi yang terbaik di Indonesia.

Sebagai perusahaan asuransi asing, apa dukungan dari AIA Group untuk berinvestasi di Indonesia?

AIA Group senantiasa memberikan dukungan positif kepada AIA Financial, khususnya dalam membangun kekuatan jalur distribusi, operasional, pemasaran, dan produk

Produk apa saja yang akan dikeluarkan AIA dalam waktu dekat?

Kami belum dapat memberitahukan secara spesifik akan hal ini. Tapi, secara garis besar, AIA senantiasa meluncurkan berbagai inovasi produk yang mengutamakan proteksi dan memberikan manfaat lebih bagi nasabah.

Pengalaman menarik apa selama menjadi CMO di AIA?

Bagi saya, asuransi adalah industri yang menarik dan memiliki banyak tantangan serta dapat membantu banyak orang. Saya merasa sangat menikmati bekerja di asuransi karena dapat melahirkan produk yang berkualitas dan menyosialisasikan pentingnya asuransi  

Apakah ada rencana untuk memperluas kantor cabang AIA?

Jaringan kami berada di hampir seluruh kawasan di Indonesia dan hal tersebut akan berkembang sejalan dengan dinamika kompetisi industri

Apa kelebihan berasuransi di AIA dibanding perusahaan lain?

AIA Financial adalah perusahaan salah satu perusahaan asuransi jiwa terbaik di negeri ini dengan meningkatkan kesempurnaan dan kualitas menjadi fokus utama kami. Kami persembahkan kualitas produk dan layanan terdepan bagi nasabah kami, dan juga bagi mitra distribusi.

Apa pesan Anda bagi masyarakat yang belum mengenal asuransi?

Mari pelajari kebutuhan akan perlindungan menyeluruh terhadap keluarga kita dan berikan proteksi yang memadai untuk kelangsungan kesejahteraannya. AIA Financial senantiasa melakukan edukasi dan sosialisasi dan memberikan solusi dalam hal ini.


Penulis: Didik Purwanto
Editor : Tri Wahono