Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: PDB Indonesia 2012 Tetap 6,3 Persen

Kompas.com - 08/11/2012, 18:13 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada akhir tahun 2012 ini akan mencapai 6,3 persen. Level ini masih sama dengan prediksi semula.

Padahal Gubernur BI Darmin Nasution semula memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2012 akan naik sekitar 6,1-6,5 persen dengan kecenderungan di tengah 6,3 persen.

"Kita perkirakan ekonomi Indonesia untuk keseluruhan tahun 2012 diperkirakan tumbuh 6,3 persen dan pada tahun 2013 meningkat menjadi kisaran 6,3-6,7 persen," kata Darmin di Jakarta, Kamis (8/11/2012).

Menurut Darmin, perkiraan pertumbuhan ekonomi Indonesia di level tersebut disesuaikan dengan realisasi pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2012 yang tumbuh 6,17 persen.

Level tersebut sedikit lebih rendah dari perkiraan akibat penurunan kinerja ekspor yang masih berlanjut.

Pertumbuhan tersebut didorong oleh kuatnya permintaan domestik, terutama konsumsi rumah tangga dan investasi.

"Ke depan, pertumbuhan ekonomi diprakirakan akan kembali meningkat, ditopang oleh konsumsi dan investasi domestik yang tetap kuat," tambahnya.

Di sisi lain, ekspor diperkirakan juga akan mengalami perbaikan sejalan dengan membaiknya perekonomian beberapa negara mitra dagang utama, meskipun masih dibayangi ketidakpastian kondisi perekonomian global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com