Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Cadangan Devisa RI Tembus 110 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 08/11/2012, 18:26 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Indonesia mencatat jumlah cadangan devisa RI per akhir Oktober 2012 sebesar 110,3 miliar dollar AS. Nilai tersebut naik tipis dibandingkan dengan pencapaian September 2012 sebesar 110,12 miliar dollar AS.

Gubernur BI Darmin Nasution menjelaskan, nilai cadangan devisa pada akhir Oktober ini setara dengan 6,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

"Cadangan devisa RI per akhir Oktober 2012 sebesar 110,3 miliar dollar AS," kata Darmin di Jakarta, Kamis (8/11/2012).

Menurut Darmin, kenaikan cadangan devisa RI ini ditopang oleh transaksi modal dan financial (TMF) yang mencatat peningkatan surplus yang lebih besar, terutama didorong oleh investasi langsung (FDI).

Dengan demikian, secara keseluruhan Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) kuartal III-2012 kembali mencatat surplus.

Ke depan, NPI pada kuartal IV-2012 diperkirakan akan mengalami surplus yang lebih besar, ditopang oleh membaiknya transaksi berjalan dan meningkatnya surplus TMF, khususnya investasi langsung.

Di sisi lain, defisit transaksi berjalan pada kuartal III-2012 turun menjadi 2,4 persen dari produk domestik bruto (PDB), lebih rendah daripada kuartal II-2012 sebesar 3,5 persen dari PDB.

"Perbaikan defisit transaksi berjalan ini disebabkan oleh membaiknya kinerja neraca transaksi perdagangan yang didorong oleh penurunan impor yang cukup tajam, khususnya barang-barang konsumsi. Sementara beberapa komoditas ekspor non-migas, seperti CPO, mulai tumbuh positif," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com