Sabtu, 1 November 2014

News / Nasional

KPK: Peran Andi dalam Kasus Hambalang Sudah Jelas

Senin, 12 November 2012 | 21:06 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi  Adnan Pandu Pradja mengatakan, laporan audit Badan Pemeriksa Keuangan  atas proyek Hambalang telah jelas menyebutkan peran Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menindaklanjuti hasil laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Termasuk mendalami peran Andi dalam kasus tersebut.

"Kan, Pak Taufik (Taufiqqurahman Ruki) juga sudah menyebut nama yang bersangkutan. Datanya cukup signifikan. Menyebutkan pelanggaran wewenang," kata Adnan di Hotel Aryaduta, Jakarta, Senin (12/11/2012).

Adnan mengatakan, penyidik KPK masih mempelajari hasil audit BPK. KPK, lanjutnya, tetap memprioritaskan penyelesaian kasus Hambalang. Pasalnya, kerugian negara atas kasus tersebut mencapai hingga sekitar
Rp 2,5 triliun.

"Laporan itu lebih kepada bentuk real menyebutkan kerugian negara. Penyidikan yang dilakukan KPK akan tetap jalan terus," tuturnya.

Sebelumnya, dalam laporan audit, Andi diduga membiarkan Sesmenpora Wafid Muharam melakukan penyimpangan serta tidak melaksanakan pengendalian dan pengawasan sebagaimana yang diuraikan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2008.

Andi mengaku tak tahu jika menteri harus terlibat dan menandatangani dokumen kontrak proyek di kementeriannya yang bernilai di atas Rp 50 miliar, termasuk proyek Hambalang.

Ikuti perkembangan kasus Hambalang di topik "Audit Investigasi Hambalang"


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Aditya Revianur
Editor : Tri Wahono