Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama "Kerahkan" Rakyat Hadapi Republik

Kompas.com - 12/11/2012, 22:47 WIB
Simon Saragih

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com — Secara implisit Presiden AS Barack Obama hendak mengerahkan rakyat AS untuk menekan Partai Republik. Ini bertujuan agar kubu Partai Republik menciptakan atau menyetujui peraturan yang memungkinkan negara kembali memajaki warga terkaya AS.

Obama mengatakan, di Washington, Senin (12/11/2012), bahwa pada hari Selasa (13/11/2012), dia menemui para pemimpin serikat buruh. Ini bertujuan untuk meminta publik mendukung niatnya soal pemajakan dengan persentase lebih tinggi pendapatan warga kaya atau yang berpendapatan di atas 250.000 dollar AS per tahun.

Ketua DPR AS John Boehner (dari Partai Republik) masih mengindikasikan keberatan Partai Republlik untuk memajaki warga terkaya AS. Padahal, pajak ini diperlukan untuk menutupi defisit anggaran Pemerintah AS yang tiap tahun membengkak terus.

Pekan lalu Obama juga sudah menegaskan bahwa rakyat telah memberikan dia mandat tentang apa yang dia janjikan saat kampanye, khususnya pemajakan para warga terkaya.

"Rakyat menyetujui program saya," katanya. Jika Partai Republik bersikeras menolak usulan Obama, tidak tertutup kemungkinan aksi protes rakyat kembali bergema.

Dalam beberapa tahun terakhir, sebuah gerakan dunia bernama"Occupy" gencar menentang kesenjangan pendapatan dan mengkritik kebijakan pemerintah yang selama ini selalu berpihak kepada para kapitalis dan warga terkaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com