Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapore Airlines dan Virgin Australia Berbagi Konektivitas

Kompas.com - 20/11/2012, 12:46 WIB
Haryo Damardono

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Maskapai Singapore Airlines dan Virgin Australia mengumumkan peningkatan kerja sama codeshare antarkedua maskapai yang akan mencakup destinasi lebih luas di kawasan Australia, Asia dan Eropa.

Kerjasama codeshare antar dua maskapai telah ditingkatkan dan mulai berlaku ke semua destinasi domestik Virgin Australia , menawarkan pelanggan SIA konektivitas ke 32 kota di Australia.

SIA juga bermaksud memperluas kerjasama codeshare dalam beberapa bulan mendatang yang akan memasukkan penerbangan Trans-Tasman antara Australia ke kota kota di Selandia Baru seperti Dunedin, Queenstown dan Wellington, tergantung atas persetujuan peraturan otoritas setempat.

"Peningkatan kerja sama codeshare ini merupakan langkah maju untuk memperdalam kemitraan kami. Dengan bertambahnya kota yang dicakup, Singapore Airlines dan Virgin Australia dapat bersama-sama menawarkan konektivitas yang lebih baik bagi para pelanggan untuk penerbangan antara Singapura dan Australia, serta melalui hub Singapura ke berbagai tujuan di dunia," kata Mak Swee Wah, Executive Vice President Commercial SIA , Selasa (20/11/2012) dalam surat elektroniknya.

Pada kuartal pertama tahun 2013 , Virgin Australia akan memperluas kerja sama codeshare dengan SIA untuk layanan penerbangan dari wilayah timur Australia ke Eropa dan beberapa kota tambahan di Asia melalui hub SIA di Singapura.

Virgin Australia saat ini memiliki kerja sama codeshare pada penerbangan SIA untuk penerbangan ke Eropa dari Adelaide, Perth dan Darwin. Sehingga, Secara keseluruhan pelanggan Virgin Australia akan dapat menikmati akses ke 64 destinasi di Asia dan 12 destinasi di Eropa melalui jaringan SIA dan SilkAir dari Sydney, Melbourne, Brisbane, Adelaide, Perth dan Darwin.

Executive of Alliances, Network, and Yield Virgin Australia Group, Merren McArthur, mengatakan, terdapat permintaan yang kuat dari para pelanggan untuk penerbangan dari Asia ke Eropa.

"Saat ini kami menawarkan pilihan tersebut kepada pelanggan dari Adelaide, Perth, dan Darwin, dan mulai hari ini layanan kerja sama tersebut akan diperluas sampai ke wilayah timur Australia. Kami menyambut baik peningkatan kerja sama codeshare Singapore Airlines pada layanan penerbangan domestik kami karena hal tersebut akan membantu mempromosikan pariwisata di Australia," katanya.

SIA dan Virgin Australia telah menandatangani perjanjian kemitraan tahun lalu. Selain kerja sama codeshare, kemitraan tersebut mencakup manfaat timbal balik untuk program frequent flyer kedua maskapai, akses lounge, koordinasi jadwal penerbangan untuk konektivitas, serta aktivitas-aktivitas penjualan, pemasaran dan distribusi.

SIA dan anak perusahaannya, SilkAir, kini melayani rute penerbangan ke 97 destinasi di 36 negara di 6 benua. Virgin Australia saat ini melayani rute penerbangan ke 49 destinasi di 14 negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com