Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Ekonomi Tumbuh Tapi Belum Optimal

Kompas.com - 23/11/2012, 22:26 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia menilai pertumbuhan ekonomi di Indonesia sudah lebih tinggi dibanding negara lain. Namun pertumbuhan tersebut masih dinilai belum optimal.

Direktur Eksekutif Penelitian dan Pengaturan Perbankan Mulya Siregar menjelaskan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2012 telah naik 6,17 persen, lebih rendah dari target semula 6,3 persen.

"Namun pertumbuhan itu masih belum optimal dengan indikasi di sektor keuangan belum terjadi efisiensi secara maksimal," kata Mulya saat konferensi pers Bankers Dinner di Gedung Bank Indonesia Jakarta, Jumat (23/11/2012).

Menurut Mulya, sektor keuangan dan masyarakat Indonesia secara umum ini akan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean pada 2015 dan integrasi sektor keuangan di 2020.

Untuk menyambut dua hal tersebut, sektor keuangan harus bisa bersaing di tingkat regional dan global. Salah satu pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan adalah menyiapkan industri di sektor keuangan agar bisa bersaing di regional maupun global. "Memang kuncinya adalah efisiensi," katanya.

Apalagi kondisi perekonomian global saat ini masih belum menentu dan masih ada kemungkinan krisis akan kembali. Namun untuk mengantisipasi, sektor keuangan dinilai harus memiliki cara khusus yaitu efisiensi di sektor keuangan.

"Nantinya harus ada efisiensi di teknologi dan sumber daya manusia (SDM). Soalnya ini akan berdampak ke perekonomian Indonesia," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com