Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencairan Dana Talangan Yunani Segera Disepakati

Kompas.com - 26/11/2012, 09:16 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Perhatian investor global kembali terarah ke Eropa di awal pekan ini. Pertemuan ketiga kalinya para menteri keuangan zona euro, Senin (26/11/2012) ini diharapkan bisa menyepakati pencairan dana talangan Yunani senilai minimal 31 miliar euro.

Para menteri keuangan tersebut menghadapi kebuntuan bagaimana mengatur kesehatan fiskal Yunani saat ini. Ini termasuk persetujuan kenaikan rasio utang terhadap produk domestik brutto (PDB) dari sebelumnya disepakati 120 persen dari PDB menjadi 124 persen dari PDB pada tahun 2020.

Seperti dijelaskan ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, jumlah itu dari posisi sekarang sebesar 129 persen dari PDB. Dipikirkan juga proses menurunkan suku bunga pinjaman dari para kreditor negara-negara euro untuk Yunani yang sulit dilakukan karena di bawah cost of fund dari pinjaman tersebut.

Sebelumnya telah disetujui Yunani mendapat kelonggaran waktu untuk mengurangi defisit anggaran sebesar 11,5 miliar euro dari tahun 2014 menjadi 2016. Posisi Yunani, betapa pun, penting menjaga keberlanjutan penyelesaian krisis utang di Eropa mengingat pemegang obligasi Yunani adalah negara-negara di kawasan itu yang juga sama-sama tengah berjuang menghadapi krisis utang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com