Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemanakah Arah Pergerakan IHSG Awal Pekan ini?

Kompas.com - 03/12/2012, 08:05 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Indeks Harga Saham Gabungan kembali dipenuhi tekanan eksternal dan internal sepanjang pekan lalu sehingga turun cukup dalam. Ke manakah indeks akan bergerak di perdagangan awal pekan ini, Senin (3/12/2012)?

Tekanan belum sepenuhnya hilang dari sisi eksternal. Menutup pekan lalu, bursa global terlihat variatif. Bursa Amerika Serikat ditutup variatif dan nyaris tidak bergerak dari perdagangan sebelumnya.

Pembicaraan mencari solusi atas masalah anggaran di negeri itu masih alot. Indeks Dow Jones industrial average menguat 0,03 persen; Indeks S&P500 menguat 0,02 persen, namun Indeks Nasdaq melempem 0,06 persen. Indeks sendiri ditutup cukup dalam sebanyak 42,95 poin (0,99 persen) ke level 4.276,14 dengan jumlah transaksi sebanyak 17,57 juta lot atau setara Rp 8,81 triliun pada Jumat (30/11/2012).

Investor asing tercatat melakukan penjualan bersih di pasar reguler sebesar Rp 144,8 miliar dengan saham yang paling banyak dijual adalah BBRI, BMRI, BMTR, PGAS, dan MNCN.

Mata uang rupiah terapresiasi ke level Rp 9.618 per dollar AS. Di awal perdagangan pekan ini para investor dan pelaku pasar pasti berpikir untuk kembali mengoleksi saham-saham yang sudah turun harga.

Namun demikian, secara teknikal menurut riset eTrading Securities, penurunan IHSG pada perdagangan pekan lalu mengindikasikan IHSG akan mengalami koreksi lanjutan pada awal pekan ini.

Hal ini terlihat dari teknikal indikator MA5 dan MA20 yang membentuk dead cross dan RSI yang bearish. Untuk support IHSG di awal pekan ini ada pada level 4.255 dan resistance 4.337. Adapun saham-saham yang dapat diperhatikan adalah MYOR, INTP dan MNCN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com