Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualitas Infrastruktur Indonesia Terendah Se-Asia

Kompas.com - 05/12/2012, 14:10 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kualitas infrastruktur Indonesia dinilai terendah se-Asia. Kualitas infrastruktur Indonesia hanya lebih baik dibanding Filipina.

"Di antara negara-negara se-Asia, kualitas infrastruktur di Indonesia menjadi terendah kedua; hanya lebih baik dari Filipina," kata ekonom Standard Chartered Bank, Eric Sugandi, di Hotel Four Season, Jakarta, Rabu (5/12/2012).

Mengutip laporan World Economic Forum mengenai kualitas infrastruktur pada 2012-2013, kualitas infrastruktur Indonesia hanya memperoleh nilai peringkat 92. Nilai itu dipengaruhi oleh kualitas infrastruktur berupa kondisi jalan, rel kereta api, pelabuhan, bandara, dan listrik.

Dari skor tertinggi 7 poin, Indonesia hanya memperoleh nilai 3,4 untuk jalan; 3,2, untuk rel kereta api; pelabuhan (3,6), bandara (4,2), dan listrik (3,9). Rata-rata nilai tersebut hanya 3,7. "Indonesia hanya lebih baik dari Filipina dengan ranking 98," tambahnya.

Di atas Indonesia, kualitas infrastruktur India, China, Thailand, Malaysia, dan Singapura memiliki peringkat yang tinggi. India memiliki peringkat ke-87, China ke-69, Thailand ke-49, Malaysia ke-29, dan Singapura ke-2.

Dibanding laporan pada 2011-2012, peringkat kualitas infrastruktur Indonesia cenderung menurun. Sebelumnya, Indonesia masih di peringkat ke-82, sementara Filipina masih di peringkat ke-113, India ke-86, China ke-69, Thailand ke-47, Malaysia ke-23, dan Singapura tetap di peringkat ke-2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com