Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Problem Kemudi, BMW Tarik Kembali X5

Kompas.com - 06/12/2012, 22:28 WIB
Pieter P Gero

Penulis

DETROIT, KOMPAS.com - Perusahaan otomotif Jerman, BMW hari Kamis (6/12) diberitakan menarik kembali sekitar 35.000 mobil sport utility vehicle (SUV) X5 yang terjual di pasar Amerika Serikat dan Kanada. Mobil X5 ini ditariik karena ada baut pada system kemudi yang rentan patah dan ini bisa menyebabkan hilangnya daya pendorong system kemudi.

Kantor berita AP melaporkan, pemanggilan kembali ini menyangkut X5 dengan model kemudi 35d bermesin diesel keluaran tahun 2009 sampai tahun 2012.

Badan Keselamatan Sistem Laulintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat menyebutkan, baut yang menahan sabuk di puli dapat lepas dan patah, Jika hal ini terjadi maka X5 akan kehilangan daya kemudi (power steering) ini bisa menimbulkan risiko kecelakaan.

Sejauh ini belum ada laporan terjadi kecelakaan atau atau pihak yang cedera berkaitan dengan masalah ini. Masalah pada X5 ini ditemukan tahun lalu di Kanada.

Para diler BMW akan menganti baut yang ada dan akan mengikat kembali sesuai dengan spesifikasi yang pantas. Mereka juga akan memasang alat yang memastikan baut tadi tidak longgar. Para pemilik X5 di AS akan diberitahu soal pemanggilan ini pada bulan Januari 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com