Selasa, 2 September 2014

News / Bisnis & Keuangan

Teh Jepang

Mirai Ocha Bidik Kalangan Muda Kota Besar

Minggu, 16 Desember 2012 | 23:11 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com- PT Suntory Garuda Beverage (SGB) membidik segmen remaja dan kalangan muda di 10 kota besar di Indonesia untuk produk barunya, Mirai Ocha, sebuah teh tradisional Jepang.

SGB yang merupakan perusahaan patungan antara Garuda Food dan industri minuman nonalkohol Jepang, Suntory Beverage & Food Asia Pte Ltd itu mengawali promosi di Jakarta, 7-9 Desember 2012 lalu, dan kegiatan kedua di Bandung, Jawa Barat dari Jumat (14/12) sampai hari ini, Minggu (16/12).

"Kami membidik kalangan remaja dan anak-anak muda, sebab secara populasi paling besar. Pasar minuman nonalkohol, khususnya teh, di Indonesia menjanjikan, menduduki peringkat kedua setelah air mineral sekitar Rp 12 triliun," kata Group Product Manager PT Suntory Garuda Beverage, Erwin Panigoro, di Bandung.

Menurut Erwin, promosi gencar akan terus dilakukan selama enam bulan sejak produk ini diluncurkan akhir September 2012 lalu. Dari Bandung, promosi akan dilanjutkan ke Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Banjarmasin, Medan, dan Palembang (15-17 Februari 2013).

Promosi 10 kota itu menggunakan mobil mini van Mirai Ocha yang disimbolkan sebagai caravan. Sasaran lokasi adalah sejumlah tempat hang out anak muda, di antaranya perguruan tinggi. Para kawula muda itu akan dibagi Mirai Ocha secara gratis.

Mirai Ocha mempunyai tiga varian rasa, yakni orisinal, sakura, dan madu. "Belum lama diluncurkan, posisi sampai bulan ini penjualan sudah melampaui target satu juta botol. Ini tak lepas dari promosi terpadu yang kami lakukan, juga rupanya produk ini dapat diterima masyarakat Indonesia, baik dari segi keunikan, maupun rasa," ujar Erwin.

Mirai Ocha dikemas dalam botol, dan ini merupakan minuman ocha dalam botol pertama di Indonesia. Mirai Ocha menggunakan bahan baku daun teh asli Jepang, dan diolah di Thailand.

Untuk mempersonifikasikan produk Mirai Ocha, SGB memilih pemain film dan drumer manis Titi Sjuman sebagai duta (brand ambbassador) Mirai Ocha.


Penulis: Samuel Oktora
Editor : Marcus Suprihadi