Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman Pakai Kartu Kredit

Kompas.com - 19/12/2012, 06:13 WIB

Oleh: Ira Oemar

 

Kompasiana: Iraannisa

Sejatinya, kartu kredit dibuat untuk mempermudah transaksi. Namun, kemudahan ini kerap disalahgunakan oleh si pemakai yang cenderung menggunakannya tanpa kontrol diri.

Pahamilah prinsip kartu kredit sebagai kartu utang sebelum Anda menggunakannya untuk berutang. Gunakan kartu ini secara bijak dan jangan pernah lupa untuk bayar utang!

Berikut tips menggunakan kartu kredit agar tidak menjadi bumerang bagi si pengguna:

Minta pada bank penerbit agar tanggal jatuh tempo pembayaran disesuaikan dengan tanggal kesanggupan Anda membayar. Ini pernah saya lakukan dan bank penerbit bersedia mengabulkannya. Sebelumnya, batas akhir tanggal pembayaran selalu tiga-empat hari sebelum tanggal gajian. Akibatnya, saya terpaksa telat bayar atau menalanginya dengan uang tabungan.

Manfaatkan penawaran diskon atau cicilan dengan bunga nol persen. Pengguna kartu kredit sudah membayar iuran tahunan. Jadi, rugi kalau tidak memanfaatkannya secara maksimal. Salah satu manfaatnya adalah mendapatkan diskon harga dan fasilitas cicilan selama lebih dari setahun tanpa dikenai bunga. Anda juga bisa mengubah transaksi belanja jadi cicilan dengan bunga ringan.

Manfaatkan fasilitas ”one bill” untuk membayar semua tagihan bulanan. Kalau Anda pelupa dan sering bermasalah dengan berbagai macam tagihan yang batas waktu pembayarannya tidak sama, alihkan semua tagihan tadi ke kartu kredit dengan fasilitas ”autodebet”. Jadi, Anda cukup bayar tagihan kartu kredit setiap bulan.

Mengatur belanja setelah tanggal cetak tagihan. Ingatlah tanggal cetak tagihan kartu kredit. Bila Anda melakukan transaksi setelah tanggal tersebut, tagihannya baru keluar sebulan kemudian. Namun ingat, cara ini akan menambah beban pengeluaran di bulan berikutnya.

Menyimpan kartu kredit dalam dompet terpisah khusus kartu. Jika Anda termasuk penggila belanja, simpan kartu kredit di dompet terpisah, lalu simpan di lemari yang terkunci. Bawa dompet khusus ini hanya saat Anda membutuhkannya. [http://kom.ps/ADPM4l]

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com