Kamis, 18 September 2014

News / Bisnis & Keuangan

Harga Kedelai Anjlok

Kamis, 3 Januari 2013 | 14:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga kedelai berjangka di akhir perdagangan Kamis   (3/1/2013) dinihari anjlok dan mencapai level paling rendah dalam enam minggu belakangan.

Harga kedelai berjangka untuk kontrak pengiriman bulan Maret mengalami penurunan sebesar 1,2 persen dan ditutup pada posisi 13,9225 dolar per gantang.

Sebelumnya harga kedelai mengalami penurunan hingga ke posisi 13,8625 dola r per gantang, tingkat harga paling rendah sejak tanggal 20 November lalu.

Harga kedelai berjangka pada tahun 2012 lalu sempat m elonjak tajam hingga sebesar 17 persen di tengah ancaman kekerin gan parah di AS. Akan tetapi mengingat tingginya pasokan dari Amerika Selatan, kekhawatiran penurunan pasokan dapat dihindari.

Belakangan permintaan terhadap produk kedelai dari AS memang turun karena diperkirakan panen kedelai di A merika Selatan akan cetak rekor sehingga pasokan kedelai global di tahun 2013 diperkirakan akan mengalami kenaikan tajam.

Departemen Pertanian AS memperkirakan bahwa Brazil akan memanen 83 juta metric ton kedelai tahun ini dan akan melampaui AS sebagai produsen dan eksportir kedelai terbesar di dunia. 

 


Penulis: Eny Prihtiyani
Editor : Robert Adhi Ksp