Jumat, 19 Desember 2014

News / Bisnis & Keuangan

Harga Karet Naik Tajam

Jumat, 4 Januari 2013 | 12:40 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Harga karet berjangka pada perdagangan di bursa komoditas Jepang, Jumat (4/1/2013) mengalami kenaikan tajam.

Hari ini harga karet berjangka untuk kontrak pengiriman bulan Juni mengalami peningkatan signifikan sebesar 3,3 persen dan berada di posisi 312,4 yen per kilogram (3.567 dolar per metrik ton), tertinggi sejak tanggal 7 Mei lalu.

Harga karet berjangka ini mengarah untuk menggenapi kenaikan mingguannya yang kelima berturut-turut.  

Harga karet melonjak hingga mencapai posisi paling tinggi dalam nyaris delapan bulan belakangan di hari pertama perdagangan di tahun 2013 ini. Kenaikan harga karet hari ini masih melanjutkan rally 15 persen yang terjadi di tahun 2012 yang lalu.

Melemahnya yen dan peningkatan penjualan mobil di AS mendorong permintaan terhadap komoditas yang merupakan bahan baku ban kendaraan bermotor ini.Yen pada perdagangan hari ini mengalami penurunan hingga mencapai posisi tere ndah dalam 2.5 tahun belakangan terhadap dolar.

Dengan melemahnya yen tersebut komoditas yang diperdagangkan dalam yen menjadi relatif lebih murah bagi para pembeli luar negeri sehingga permintaan, dan akhirnya harganya meningkat. 

 

 


Penulis: Eny Prihtiyani
Editor : Robert Adhi Ksp
Sumber: