Senin, 24 November 2014

News / Bisnis & Keuangan

Sarang Burung Walet Bisa Diekspor Kembali ke China

Jumat, 4 Januari 2013 | 13:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — China mulai membuka peluang bagi sarang burung walet dari Indonesia untuk masuk ke Negeri Tirai Bambu tersebut. Hal itu menyusul kesepakatan antara kedua negara pada pertengahan tahun 2012. Kini tinggal menunggu kelengkapan teknis dan administrasinya.

"China sudah sepakat membuka kembali perdagangan sarang burung walet dari Indonesia. Kita tinggal menunggu verifikasi dari China. Di dalam negeri semua kelengkapan teknis dan administrasi juga telah siapkan," kata Menteri Perdagangan Gita Wirjawan di Jakarta, Jumat (4/1/2013).

Dia mengatakan, China menjadi tujuan utama ekspor sarang burung walet. Sebelumnya negeri tersebut menutup keran impor sarang burung walet dari Indonesia dan Malaysia karena pertimbangan kesehatan.

"Itu sudah kita sikapi saat kami berkunjung ke Beijing tahun lalu. Intinya mereka mau terima kembali karena kita sudah yakinkan kalau sarang burung walet dari Indonesia aman secara medis," katanya.

Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan mengatakan, potensi ekspor sarang burung walet bisa mencapai 1 miliar dollar AS. Saat ini pasokan utama China atas produk sarang burung walet terbesar berasal dari Malaysia, padahal potensi Indonesia jauh lebih besar.


Penulis: Eny Prihtiyani
Editor : Robert Adhi Ksp