Kamis, 24 Juli 2014

News / Bisnis & Keuangan

Nomor Mobil "Ferrari" Dahlan Iskan Tak Resmi

Minggu, 6 Januari 2013 | 17:16 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelat nomor “DI 19” pada mobil listrik “Ferrari” Tucuxi milik Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan tidak resmi. Kepolisian belum memberikan pelat nomor untuk mobil yang mengalami kecelakaan di Plaosan, Magetan, Jawa Timur, Sabtu (5/1/2013) itu.

Wakil Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Wahyono mengatakan, kepolisian tidak bisa memberikan pelat nomor pada kendaraan yang belum memiliki sertifikat uji tipe.

Kode wilayah “DI” untuk pelat nomor kendaraan pun tidak ada di Indonesia. “Memang kode wilayah DI itu enggak ada. Moda transportasi yang digunakan oleh Bapak Menteri Dahlan Iskan ini dalam proses untuk mendapatkan sertifikat,” tutur Wahyono saat dihubungi Kompas.com, Minggu (6/1/2013).

Untuk diketahui, mobil tersebut belum memiliki sertifikat izin tipe mobil, seperti diungkapkan Juru Bicara Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan, Sabtu.

"Mobil listrik yang sudah dapat sertifikasi uji tipe adalah mobil listrik produksi Mitsubishi. Belum ada yang lain," ujarnya.

Menurut dia, uji coba di ruang publik sangat riskan jika kendaraan belum lolos uji. Selain itu, kendaraan yang digunakan di jalan juga harus mempunyai surat tanda nomor kendaraan.

Syarat mendapatkan STNK adalah sudah memiliki sertifikat uji tipe (SUT). Untuk mendapatkan SUT, uji tipe harus dilakukan.

Sementara itu Kasubdit Regident Dirlantas Polda Metrojaya Ajun Komisaris Besar Latif Usman menegaskan, kepolisian tidak pernah mengeluarkan pelat nomor ”DI 19” untuk Dahlan. Namun, dia enggan menjelaskan lebih lanjut dari mana Dahlan mendapatkan pelat nomor tersebut.

“Kepolisian tidak pernah mengeluarkan nomor itu,” ujarnya singkat.

Sebelumnya diberitakan, mobil listrik "Ferrari" Tucuxi mengalami kecelakaan saat dikendarai Menteri BUMN Dahlan Iskan di Plaosan, Magetan, Jawa Timur, Sabtu.

Sistem rem mobil diduga tidak berfungsi dengan normal. Dahlan Iskan selamat dalam kecelakaan tersebut. Namun, mobil berwarna merah seharga miliaran rupiah itu rusak berat karena menabrak tebing.

Berita-berita terkait bisa diikuti di liputan khusus: Mobil Listrik Dahlan Iskan


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Dian Maharani
Editor : Kistyarini