Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Mal di Jakarta Menurun

Kompas.com - 09/01/2013, 06:33 WIB
Brigita Maria Lukita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pembangunan pusat perbelanjaan baru di Jakarta dalam tiga tahun ke depan diperkirakan tidak akan bertambah sebagai efek dari kebijakan moratorium pembangunan mal di wilayah DKI Jakarta.

Saat ini, total luas ruang retail di Jakarta tercatat telah mencapai 4,5 juta meter persegi. Demikian paparan Konsultan Properti Colliers International, di Jakarta, Selasa (8/1/2013).  

Sepanjang tahun 2012, jumlah suplai mal baru di Jakarta adalah 164.981 meter persegi, terutama dengan hadirnya pusat perbelanjaan besar, seperti Lippo Mal Kemang dan Kota Kasablanca di kuartal III-2012.  

Dari jumlah itu, sebanyak 90 persen ruang retail sudah habis terserap. Pusat perbelanjaan di Jakarta saat ini masih didominasi retail kelas menengah, yakni 43,6 persen dari total suplai, mal menengah bawah 27,8 persen, sedangkan mal menengah atas 29,5 persen.

Sebagian besar mal terkonsentrasi di Jakarta Utara dan Jakarta Selatan. Associate Director Research Colliers International, Ferry Salanto, mengemukakan, moratorium pembangunan mal menyebabkan pasokan ruang retail baru di wilayah Jakarta kian menipis.

Sementara kebutuhan ruang retail dan potensi peretail masih tinggi. Akibatnya, kompetisi antara penyewa (tenant) kian tinggi dan pemilik lahan retail memiliki keleluasaan lebih untuk menaikkan harga sewa. Kondisi ini membuka kesempatan bagi berkembangnya retail di luar Jakarta.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com