Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT Trada Maritime Raih Kontrak Batubara

Kompas.com - 15/01/2013, 22:19 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- PT Trada Maritime Tbk (Perseroan) pada tanggal 11 Januari 2013 telah menandatangani Nota Kesepahaman sekaligus kontrak tahap 1 kerja sama transhipment dengan PT Gunung Bara Utama (GBU), perusahaan batubara berlokasi di Damai, Kutai Barat, Kalimantan Timur.

"Nota Kesepahaman tersebut merupakan landasan awal bagi Perseroan atas pengadaan dan pengoperasian 40 set kapal tongkang dan tunda batubara untuk keperluan pengangkutan batubara GBU selama jangka waktu 10 tahun ke depan. Perseroan memperkirakan total nilai nota kesepahaman tersebut tidak kurang dari 750 juta dollar AS dengan nilai investasi sekitar 200 juta dollar AS," kata Danny De Mita, Direktur Utama Trada Maritime, Selasa (15/1/2013) di Jakarta.

Sementara kontrak yang ditandatangani adalah untuk 10 unit tahap 1 yang akan mulai dioperasikan awal bulan Mei 2013 ini. Saat ini, Perseroan telah menerima pengiriman 5 set tongkang dan tunda, dan dalam waktu dekat akan menerima tambahan 5 set tambahan. Dengan demikian, Perseroan berkeyakinan bahwa target pengoperasian 10 set pada awal bulan Mei 2013 akan tercapai.

Untuk jangka waktu 2 tahun hingga 4 tahun kedepan, Trada akan terus melakukan pengadaan tambahan 30 unit set tongkang dan tunda yang baru untuk keperluan GBU sesuai dengan Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani. Pengadaan akan dilakukan secara bertahap dengan pendanaan dari internal perusahaan maupun perbankan.

Trada sangat optimis bahwa rencana ini akan memperkuat segment curah kering (dry bulk) karena pada pertengahan tahun ini harga batubara dunia yang diperkirakan dapat kembali naik menjadi sekitar  100 dollar AS per ton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com