Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uni Eropa-Amerika Latin Lanjutkan Perdagangan Bebas

Kompas.com - 27/01/2013, 13:11 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

SANTIAGO, KOMPAS.com — Para pemimpin Uni Eropa dan negara-negara di kawasan Amerika Latin sepakat melanjutkan pembicaraan wacana perdagangan bebas di antara kedua kawasan yang sempat terhenti. Hal tersebut mengemuka dalam pertemuan di Santiago, seperti dikutip Reuters, Minggu (27/1/2013).

Dalam pertemuan di Santiago, Kanselir Jerman Angela Markel mengatakan agar negara-negara di Amerika Latin tidak kembali pada rezin proteksionisme, seperti yang terjadi di era 1930-an. Praktik tersebut terbukti telah membuat negara-negara di Amerika Latin terpuruk dalam depresi ekonomi.

Komisioner Perdagangan Uni Eropa Karet De Gucht mengatakan kepada Reuters selama KTT. Ketika ditanya apakah telah ada terobosan, ia berkata, "Saya pikir kita harus berhati-hati dengan itu. Ini sudah masuk ranah di bidang politik."

Lima tahun setelah krisis keuangan global yang melanda tahun 2009, Uni Eropa butuh perluasan ekonomi ke kawasan Amerika Latin. Namun, mereka frustrasi oleh kebijakan Brasil dan Argentina untuk melindungi industri lokal.

Kedua belah pihak kini sepakat menawarkan pertukaran pada akhir tahun pada seberapa jauh mereka bersedia untuk membuka sektor mulai dari layanan untuk pertanian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com