Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Honai untuk Papua

Kompas.com - 01/02/2013, 18:04 WIB
Brigita Maria Lukita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perumahan Rakyat  bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman  Kementerian Pekerjaan Umum, berencana mengembangkan rumah honai untuk masyarakat berpenghasilan rendah di Papua mulai tahun ini.

"Rumah honai  diharapkan  meningkatkan kualitas hidup, serta mendorong masyarakat Papua yang tinggal di daerah pedalaman  untuk memiliki rumah yang layak huni," ujar Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz, dalam siaran persnya, Jumat (1/2/2013).

Menurut Djan Faridz, bangunan rumah honai sehat tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Papua melalui sektor papan. Apalagi saat ini masih banyak masyarakat Papua yang tinggal di daerah pedalaman, serta memilih untuk membangun rumah honai sebagai tempat tinggalnya.

Rumah honai memiliki panjang, lebar dan tinggi masing-masing lima meter, dindingnya  dari papan serta atap dari ilalang. Selain itu, rumah tersebut juga dibangun dua lantai dimana lantai bawah untuk tempat perapian dan di lantai dua untuk tempat beristirahat.

Rumah contoh honai antara lain dibangun di sebelah rumah murah direktif Presiden untuk masyarakat di NTT, dan Media Center Kemenpera di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com