Selasa, 29 Juli 2014

News / Bisnis & Keuangan

PASAR MODAL

Lapangan Pekerjaan di AS Bertambah, Penganggur Meningkat

Senin, 4 Februari 2013 | 07:55 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun baru dimulai dengan cerita lama, yakni lapangan pekerjaan tumbuh lagi di bulan Januari namun tidak pada kecepatan yang mampu menurunkan tingkat pengangguran. Namun toh data itu disambut riang oleh pasar dengan kenaikan lebih dari satu persen.

Jumlah pekerjaan di negeri itu bertambah 157.000 untuk bulan pertama tahun 2013 sementara tingkat pengangguran lebih tinggi menjadi 7,9 persen.

Seperti dikutip tim riset Monex Investindo Futures, berita ini tidak mungkin mengubah kebijakan moneter Federal Reserve atau menanamkan keyakinan bahwa pemulihan tidak berhasil. "Pasar menyukai ini," kata kepala strategi investasi di Charles Schwab, Liz Aan Sonders.

"Revisi pada data sebelumnya mungkin yang menjadi titik terang pada laporan ini." Laporan data itu mengirim Indeks Dow Jones Industrial Average ke atas level 14,000 untuk pertama kalinya dalam lima tahun.

Indeks S&P 500 melesat 1,01 persen ke level 1.513,17 dan Indeks Komposit Nasdaq melompat 1,18 persen ke level 3.179,10. Kepala ekonom di Wilbanks, Smith & Thomas Asset Management LLC, Virginia, Wayne Wilbanks, menyatakan perekonomian AS terus menguat dari dua data yang positif, yaitu manufaktur dan real estate.


Penulis: Robertus Benny Dwi Koestanto
Editor : Robert Adhi Ksp