Monorel Bekasi-Jakarta Diperkirakan Selesai Tahun 2015 - Kompas.com

Monorel Bekasi-Jakarta Diperkirakan Selesai Tahun 2015

Kompas.com - 07/02/2013, 22:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek pembangunan monorel Jakarta ruas Kuningan-Cawang-Bekasi Timur yang akan dikerjakan konsorsium BUMN yang dipimpin PT Adhi Karya Tbk diperkirakan bisa beroperasi pada tahun 2015.

"Jika pada bulan ini izin proyek sudah diperoleh, diharapkan sekitar tahun 2015 sudah beroperasi secara keseluruhan," kata Menteri BUMN Dahlan Iskan, saat paparan "Proyek Monorel Jabodetabek", di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (7/2/2013). Pada kesempatan itu Dahlan didampingi Direktur Utama Adhi Karya Kiswo Dharmawan.

Menurut Dahlan karena monorel tersebut juga melintasi wilayah Jawa Barat maka harus dibicarakan dengan pihak Pemda terkait seperti Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriyawan, termasuk dengan Pemerintah Pusat.

"Ada pilihan dalam menyelesaikan proyek tersebut yaitu apakah mengkoordinasikannya dengan Gubernur DKI Jakarta dan Gubernur Jawa Barat, atau proyek tersebut dijadikan proyek pemerintah pusat sehingga hanya membutuhkan Peraturan Presiden," kata Dahlan.

Sementara itu Direktur Utama Adhi Karya, Kiswo Dharmawan menuturkan pihaknya akan mulai mengerjakan proyek tersebut setelah mendapat izin dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Kita mengharapkan bulan ini sudah ada putusan terkait izin. Semakin cepat dapat izin semakin cepat pula proyek ini dapat mulai dikerjakan," ujarnya.

Proses pengerjaannya, ditambahkan Siswo, adalah selama enam bulan memasuki tahap engineering, yang dilanjutkan dengan test track untuk pengetesan.

"Dalam satu 1 tahun-1,5 tahun diharapkan sudah ada sebagian jalur yang sudah bisa dioperasikan. Atau dalam dua tahun diharapkan seluruh jalur monorel tersebut sudah siap dioperasikan secara penuh," ujar Kiswo.

Nilai investasi pembangunan monorel ruas Kuningan-Cawang-Bekasi Timur tersebut mencapai sekitar Rp 9 triliun yang dibiayai para anggota konsorsium BUMN.

BUMN yang terlibat dalam konsorsium tersebut yaitu PT Adhi Karya, PT Jasa Marga Tbk, PT Lembaga Elektronika Negara (LEN), PT Telkom Tbk, PT Industri Kereta Api (Inka), maupun Bank Mandiri.

Selain akan membangun jalur monorel Kuningan-Cawang-Bekasi Timur, konsorsium yang sama juga berniat membangun jalur monorel Jakarta-Cibubur.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorTri Wahono

    Close Ads X