Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ATC Bandara Soekarno-Hatta Mati Sejam, 20-30 Penerbangan Tertunda

Kompas.com - 08/02/2013, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Puluhan jadwal penerbangan tertunda akibat matinya sistem air traffic control (ATC) di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (8/2/2013) sore.

"Untuk rincian penerbangan ada, tapi secara global ada 20-30 keberangkatan yang tertunda," kata Kristanto, Manajer Humas Angkasa Pura, saat dihubungi Kompas.com.

Kristanto mengatakan, gangguan di ATC berlangsung selama sekitar satu jam mulai pukul 16.07 WIB hingga 17.25 WIB. Namun, pihaknya belum mengetahui penyebab gangguan pada sistem tersebut.

Meski terjadi gangguan pada ATC, lanjut Kristanto, tidak ada gangguan pendaratan di Bandara Soekarno-Hatta selama rentang waktu tersebut. Hal ini karena adanya sistem back up ATC yang langsung dioperasikan begitu terjadi gangguan pada sistem utama.

"Kami utamakan pesawat yang akan mendarat sehingga keberangkatan saja yang terganggu," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga memberitahukan kepada seluruh ATC bandara lainnya mengenai gangguan tersebut dan meminta agar dilakukan separasi keberangkatan pesawat antara 3-5 menit.

Sejauh ini, Kristanto mengaku belum ada laporan pesawat tujuan Jakarta yang return to base (RTB) meskipun di jejaring sosial Twitter beredar informasi sejumlah pesawat yang kembali ke bandara seperti di Minangkabau, Padang, dan Hang Nadim, Riau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com