Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asia Melemah, IHSG Siap-siap Tertekan

Kompas.com - 15/02/2013, 08:44 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tekanan ambil untung investor dan pelaku pasar tampaknya akan membayangi Indeks Harga Saham Gabungan, Jumat (15/2/2013). Apalagi bursa Asia pagi ini turut dibuka terkoreksi.

Sentimen negatif terlihat dari data PDB Uni Eropa yang terkontraksi. Hal itu ditambah sentimen negatif dari rilis kinerja Rio Tinto di kuartal keempat tahun 2012 yang membukukan kerugian terbesar dalam 15 tahun terakhir.

Riset Samuel Sekuritas Indonesia memerkirakan IHSG hari ini diperkirakan akan dibuka terkoreksi seiring sentimen negatif dari bursa global dan regional. Beberapa saham grup Bakrie yang telah menguat signifikan dalam dua hari terakhir diperkirakan akan mengalami tekanan profit taking hari ini. Support indeks berada di level 4.545.

Bursa Eropa ditutup terkoreksi sekitar 1 persen pada perdagangan semalam. Sementara bursa AS ditutup relatif flat seiring sentimen negatif dari bursa Eropa berhasil dikompensasi oleh sentimen positif dari pengumuman merger dan akuisisi dari beberapa emiten dan rilis data initial jobless claims yang lebih baik dari ekspektasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com