Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Tegur Empat Dirut BUMN

Kompas.com - 19/02/2013, 13:49 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri BUMN Dahlan Iskan menegur empar direktur utama anak perusahaan BUMN. Teguran itu disebabkan mereka kurang senyum terhadap bawahannya.

Mereka adalah Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Danang S Baskoro, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Persero Ignasius Jonan, Direktur Utama Pelindo RJ Lino, dan Direktur Utama PT Pertamina Persero Karen Agustiawan.

"Saya tegur mereka. Ini bukan pertama kali saya tegur. Sebenarnya ini bukan teguran, tapi saya nasihati agar mereka lebih banyak senyum kepada semua orang," kata Dahlan selepas Rapat Pimpinan BUMN di kantor Wisma Antara, Jakarta, Selasa (19/2/2013).

Dahlan menegaskan bahwa sebagai chief executive officer (CEO) atau direktur utama, pribadi mereka harus berubah. Mereka harus memiliki keahlian tidak hanya dalam urusan mengelola perusahaan, tetapi juga harus menjadi public relation dan harus memiliki public speaking yang baik.

Dengan posisi seperti itu, petinggi perusahaan BUMN ini juga harus akrab dengan media. Sebab, saat kondisi perusahaan baik atau buruk bisa dijelaskan secara proporsional sehingga di era keterbukaan informasi seperti saat ini, perusahaan akan dilirik oleh pihak lain. Jika enak dilihat, perusahaan tersebut akan enak untuk diajak bekerja sama.

"Ini, kan, zaman keterbukaan dan zaman di mana pribadi tidak bisa disembunyikan. BUMN, kan, perusahaan publik," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com