Sabtu, 20 Desember 2014

News / Bisnis & Keuangan

Tarif Parkir di Indonesia Termurah Sedunia

Rabu, 20 Februari 2013 | 13:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat transportasi Djoko Setijowarno menyatakan tarif parkir kendaraan pribadi di Indonesia merupakan termurah sedunia. Ini menyebabkan orang enggan naik transportasi publik.

"Dimana-mana tarif parkir kendaraan pribadi itu lebih tinggi dibanding naik angkutan umum. Kita kan sebaliknya," kata Djoko saat diskusi "Kebijakan Pembangunan dan Pengembangan Sistem Angkutan Umum Massal di kawasan Perkotaan" di Hotel Millenium Jakarta, Rabu (20/2/2013).

Djoko menegaskan, hal ini menjadi permasalahan tersendiri khususnya bagi Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Daerah DKI Jakarta sendiri ataupun kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Kebanyakan masyarakat cenderung memakai kendaraan pribadi dibanding naik angkutan umum. Padahal solusi untuk mengatasi kemacetan ibukota atau kota-kota besar adalah meningkatkan jumlah maupun layanan angkutan transportasi massal. Sehingga saat tarif parkir kendaraan pribadi naik, masyarakat akan pindah ke transportasi massal.

"Tarif parkir kita masih termurah sedunia. Di luar negeri bisa 30 kali lipat tarifnya. Misalnya di Singapura saja sudah 0,5 dollar Singapura per setengah jam. Ini berarti Rp 7.000 per jam," tambahnya.

Sementara di Indonesia, rata-rata tarif sepeda motor per jam Rp 2.000 per jam, sedangkan mobil Rp 3.000 per jam.

Sekadar catatan, parkir langganan di London Inggris bisa mencapai 578,87 pound sterling atau sekitar Rp 8,3 juta sebulan. Di Hongkong mencapai Rp 6,6 juta sebulan. Di Tokyo mencapai Rp 5,8 juta sebulan atau bahkan yang harian bisa mencapai Rp 773.000 per kendaraan.


Penulis: Didik Purwanto
Editor : Erlangga Djumena