Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

April, Aqua Buka Pabrik Baru di Solok

Kompas.com - 21/02/2013, 14:49 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pada April 2013, Aqua akan membuka pabrik baru di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Presiden Direktur Grup Aqua  Charlie Cappetti mengemukakan hal itu di Jakarta terkait peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-40 perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) tersebut.

Menurutnya, pada tahap awal, produksi akan fokus pada air minum ukuran galon atau 19 liter. Kemudian, dua atau tiga bulan  ke depan, produksi akan berkembang untuk kemasan 600 mililiter. "Berikutnya adalah produksi untuk 200 mililiter atau Aqua gelas,"katanya.

Lokasi pabrik terletak di Kayu Aro, Kecamatan Gunung Telang, Kabupaten Solok. Pabrik anyar ini akan menempati lahan seluas  9, 23 hektare. Pada tahap awal, pabrik akan menyerap sekitar 150 tenaga kerja. Sampai kini, di seluruh Tanah Air, Aqua sudah memiliki 16 pabrik dan 16 pusat distribusi.

Masih menurut Charlie, pihaknya memang tidak mengarahkan pembangungan pabrik baru di kawasan Timur Indonesia. Pasalnya,  tidak ada sumber air yang mencukupi di kawasan itu untuk pembangunan pabrik baru.

Sementara itu, untuk seluruh Indonesia, Aqua masih memasok produk minuman Mizone, salah satu diferensiasi produk Aqua, dari  pabrik di Jawa, terang Charlie Cappetti. 

Catatan dari Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan Indonesia (Aspadin) menunjukkan sampai dengan akhir 2012, kebutuhan AMDK berada di angka 19,8 miliar liter. Angka ini naik ketimbang posisi pada 2011 di 17,5 miliar liter. Dari jumlah tadi, 80 persen AMDK diserap oleh konsumen di Jawa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com