Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bernanke Mendukung Pembelian Obligasi

Kompas.com - 27/02/2013, 08:48 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Federal Reserve Ben S Bernanke membela program yang belum pernah terjadi sebelumnya pada pembelian aset. Ia menyatakan bahwa orang-orang mendukung adanya ekspansi dengan kecilnya risiko pada inflasi atau harga aset yang menjadi gelembung ekonomi atau bubble.

Seperti dikutip tim riset Monex Investindo Futures di Jakarta, Rabu (27/2/2013), dia tidak melihat adanya potensi peningkatan risiko dalam beberapa pasar keuangan karena kebijakan ini lebih bermanfaat untuk mempromosikan pemulihan ekonomi yang lebih kuat. Hal itu diungkapkan Bernanke pada testimoninya kepada Senate Banking Committee di Washington semalam waktu Indonesia.

Bursa saham AS pulih untuk berakhir mendekati level terbaik mereka pada hari Selasa setelah pidato ketua Fed Bernanke itu. Selain itu, sejumlah laporan ekonomi yang lebih baik dari perkiraan juga mendorong hal itu.

Bursa utama di AS rata-rata awalnya melonjak tinggi setelah Bernanke membela kebijakan pelonggaran moneter bank sentral, membalikkan ketakutan dari pekan lalu yang diperkirakan Fed akan mempertimbangkan kembali program pembelian obligasi. Tetapi bursa saham secara bertahap melemah kembali sepanjang pidatonya, dengan S&P 500 dan Nasdaq masuk ke teritori negatif, seiring Bernanke gagal untuk menawarkan banyak informasi baru untuk menggairahkan investor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com