Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Jual Elpiji di Atas Standar

Kompas.com - 05/03/2013, 23:36 WIB
Fransiskus Pati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com Harga elpiji 12 kilogram yang dijual kepada konsumen lebih tinggi dari standar yang ditetapkan PT Pertamina (Persero). Kisaran harga jual antara Rp 71.000 dan Rp 75.000 per tabung. Padahal, harga yang ditetapkan adalah Rp 70.200 per tabung.

Demikian temuan Kompas di beberapa agen dan pengecer elpiji di Jakarta, Selasa (5/3/2013).  

Dari catatan Kompas sebelumnya, PT Pertamina (Persero) berencana menaikkan harga jual elpiji nonsubsidi kemasan 12 kilogram sebesar Rp 25.400 per tabung pada pertengahan Maret 2013. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kerugian penjualan elpiji karena dijual dengan harga di bawah harga keekonomian.  

Edi Santoso (24), karyawan agen elpiji Toko Bintang di kawasan Palmerah, menuturkan, harga jual elpiji 12 kilogram adalah Rp 71.000 per tabung atau selisih Rp 800 dengan harga standar. "Kalau untuk eceran Rp 71.000 per tabung, tetapi untuk jumlah banyak di atas 20 tabung akan dijual Rp 69.000 per tabung," kata Edi.  

Menurut Edi, meski ada rencana kenaikan harga elpiji dalam pertengahan bulan ini, persediaan elpiji dan tingkat permintaan konsumen belum mengalami perubahan. Ia memperkirakan, perubahan itu akan terjadi dalam beberapa hari ke depan. Rata-rata penjualan elpiji 12 setiap hari adalah 45 tabung.              

Edi menambahkan, jika terjadi kenaikan harga, maka pengguna elpiji 12 kilogram yang di antaranya rumah-rumah makan akan beralih menggunakan elpiji 3 kg. Harga elpiji 3 kilogram yang dijual adalah 12.500 per tabung.  

Sementara itu, Iwan Diramadhan (26), pengecer elpiji di Kebayoran Lama, mengatakan, rencana kenaikan harga akan menjadi kesempatan pihak-pihak tertentu untuk melakukan penimbunan.  

"Kami berharap agar pemerintah dapat mengawasi distribusi elpiji supaya tidak terjadi kelangkaan. Selain itu, memberikan sanksi kepada pihak-pihak yang terbukti melakukan penimbunan," kata Iwan.

Harga elpiji 12 kilogram yang dijual Iwan adalah Rp 75.000 per tabung, dengan rata-rata penjualan setiap hari adalah tiga tabung. Sementara itu, elpiji 3 kilogram dijual dengan harga Rp 15.000 per tabung, dengan rata-rata penjualan setiap hari sebanyak 50 tabung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com