Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cadangan Devisa Harus Diwaspadai

Kompas.com - 09/03/2013, 02:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS - Cadangan devisa merosot 7,58 miliar dollar AS dalam dua bulan terakhir. Meski masih dalam batas standar kecukupan internasional, kondisi ini perlu diantisipasi karena jika tren berlanjut, rupiah bisa menjadi ajang spekulasi yang rentetannya ke mana-mana.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), cadangan devisa per akhir Desember 2012 adalah 112,78 miliar dollar AS. Pada akhir Januari 2013, cadangannya turun menjadi 108,78 miliar dollar AS. Per akhir Februari, cadangannya tinggal 105,2 miliar dollar AS atau setara dengan 5,7 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. BI menyebut cadangan tersebut masih di atas standar kecukupan internasional.

Ekonom Sustainable Development Indonesia, Dradjad Hari Wibowo, di Jakarta, Jumat (8/3), menyatakan, meski masih di atas standar kecukupan internasional, penurunan cadangan devisa selama Januari-Februari itu lebih besar dari dugaan. Nilai penurunannya pun tergolong besar dalam tempo singkat. Ini menunjukkan ekspor nonmigas tidak secerah yang diharapkan.

Secara terpisah, Pelaksana Tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro menyatakan, dari sisi fiskal tidak banyak yang bisa dilakukan untuk mendorong ekspor nonmigas.

Alasannya, masalah ekspor saat ini adalah pada turunnya harga-harga komoditas di pasar global. (LAS/IDR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com