Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

33 Kontainer Isi Bawang Putih Menumpuk di Tanjung Perak

Kompas.com - 11/03/2013, 12:34 WIB
Herpin Dewanto Putro

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Tiga puluh tiga kontainer berisi bawang putih dari China menumpuk di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/3/2013). Bawang putih itu dikabarkan sudah berada di Tanjung Perak sejak bulan Januari 2013.

"Jumlah pastinya saya belum tahu. Selain bawang ada buah-buahan juga," kata Operasional Manajer Terminal Peti Kemas Surabaya, Rumaji, Senin siang.

Menurut Rumaji, bawang putih itu sudah dikirim ke Tanjung Perak tanpa dilengkapi Rekomendasi Produk Impor Hortikultura (RPIH). Pengimpor atau pemilik barang itu pun tidak jelas. Tanpa ada identitas pengimpor, maka barang tersebut tidak dapat keluar dari pelabuhan.

"Sejak Rabu pekan lalu, bawang putih itu dalam status ditahan di pelabuhan," kata Rumaji. Jika dalam 14 hari surat-surat belum terurus, maka harus dire-ekspor, dan jika periode 14 hari berikutnya masih belum terurus, maka harus dimusnahkan.

Adanya tumpukan bawang putih ini dipertanyakan beberapa kalangan, mengingat harga bawang putih di pasaran sedang meroket akhir pekan ini. Harga bawang putih yang biasanya Rp 15.000 melesat naik menjadi Rp 60.000 per kilogram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com