Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Medco Bertukar Aset dengan Salamander

Kompas.com - 11/03/2013, 20:30 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Medco Energi Internasional Tbk, melalui anak perusahaannya, MedcoEnergi, menandatangani kesepakatan pertukaran aset (swap agreement), dengan anak perusahaan Salamander Energy plc.

Dalam hal ini, MedcoEnergi melakukan swap atas 15 persen hak kepemilikannya di kontrak kerja sama Bangkanai. Aset itu ditukar dengan 21 persen hak kepemilikan di Simenggaris PSC dan 41,7 persen hak kepemilikan di Bengara-1 PSC yang dimiliki Salamander. Semua aset itu berlokasi di Kalimantan.

Menurut Lukman Mahfoedz, Direktur Utama & CEO MedcoEnergi, Senin (11/3/2013), di Jakarta, transaksi swap ini merupakan tonggak penting bagi MedcoEnergi. Hal ini terutama untuk mendukung usaha perseroan agar terus memasok gas ke pasar domestik, serta menambah jumlah cadangan minyak bumi dan gas bagi perseroan. 

Dengan transaksi swap, MedcoEnergi akan menambah hak kepemilikan di Simenggaris PSC menjadi 62,5 persen dan hak kepemilikan di Bengara-1 PSC menjadi 100 persen. 

Dalam transaksi ini, MedcoEnergi akan melepas seluruh hak kepemilikannya di Bangkanai PSC.  Tidak ada aliran kas antara MedcoEnergi dengan Salamander dalam transaksi ini. Transaksi swap itu saat ini masih menunggu persetujuan dari pemerintah Indonesia untuk menjadi efektif. 

Setelah transaksi swap menjadi efektif, MedcoEnergi akan mencatat peningkatan cadangan di Blok Simenggaris PSC 5 juta barrel setara minyak, sehingga cadangan total Perseroan menjadi 15 juta barrel setara minyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com