Kamis, 31 Juli 2014

News / Bisnis & Keuangan

Ini 4 Tips Membuka Usaha ala Jokowi

Minggu, 17 Maret 2013 | 16:46 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com — Joko Widodo memberikan tips untuk wirausaha muda yang ingin berkecimpung di dunia bisnis. Tips ini berdasarkan pengalamannya menjadi pengusaha furnitur selama 25 tahun.

Pertama adalah inovasi dan kreativitas. Artinya, wirausahawan muda yang sukses harus memiliki daya inovasi dari setiap produk yang ditawarkan. Selain itu, untuk memberikan kesan yang berbeda, wirausahawan muda juga harus kreatif menjual produk yang berbeda dari produk lainnya. "Kita bisa saja melihat barang-barang di sekitar kita. Kira-kira apa yang dibutuhkan," kata Joko Widodo dalam acara diskusi entrepreneurship di Smesco Convention Hall, Jakarta Selatan, pada Minggu (17/3/2013).

Tips kedua adalah pelayanan prima bagi konsumen. Mantan Wali Kota Solo ini mengatakan, dia selalu memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya. Jokowi mencontohkan, untuk setiap pembeli produknya yang berasal dari luar negeri, dia memberikan layanan jasa antar barang hingga ke bandara. Jokowi meminta wirausahawan muda untuk memberikan layanan terbaik bagi konsumennya.

Tips ketiga adalah konsistensi. Wirausahawan muda harus memiliki fokus terhadap penjualan produk. Wirausahawan muda diminta tak mudah berpindah pada usaha lain jika tengah mengalami kemerosotan penjualan. Sebaliknya, wirausahawan muda diminta untuk terus mempertahankan dan mempelajari kesalahan pada usahanya yang lalu.

Tips terakhir adalah profesionalisme. Tujuannya tentu saja supaya pelanggan percaya pada usaha yang telah dijalani. Dengan begitu, mereka akan datang sendiri mencari produk yang ditawarkan. Dengan tips yang diberikan tersebut, Jokowi berharap sekitar 2.000 mahasiswa yang hadir dalam diskusi tersebut bisa mudah melihat peluang usaha. Selain itu, Jokowi juga meminta wirausahawan muda untuk tidak takut memulai usaha dengan modal yang terbatas.


Penulis: Alfiyyatur Rohmah
Editor : Hindra