Jumat, 21 November 2014

News / Bisnis & Keuangan

Asing Borong Saham Dyandra

Selasa, 19 Maret 2013 | 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO) PT Dyandra Media Internasional Tbk (DYAN) disambut positif oleh pelaku pasar. Sebagian besar saham DYAN diminati oleh investor asing.

Chief Operating Officer DYAN Danny Budiharto mengatakan pihaknya sudah melakukan roadshow ke Hongkong, Singapura dan Kuala Lumpur untuk menawarkan saham perdananya.

"Sekitar 70 persen saham kami diborong asing, khususnya dari kalangan institusi Hongkong dan Singapura," kata Danny di Plaza Bapindo Jakarta, Selasa (19/3/2013).

Danny menambahkan antusiasme investor asing ini disebabkan karena institusi asing banyak meminati perusahaan jasa seperti DYAN. Apalagi saat ini, industri meeting, incentive, convention dan exhibition (MICE) sedang berkembang di tanah air dan di luar negeri.

Kalangan asing ini, kata Danny, merupakan investor fund manager, hedge fund dan sebagian investor ritel.

Namun manajemen DYAN maupun sekuritas yang menjajakan saham DYAN juga tidak melupakan investor domestik yang meminati saham anak perusahaan Kompas Gramedia Group ini.

"Dari porsi investor ritel yang mencapai 15-20 persen, sekitar 30 persennya merupakan investor lokal (domestik) dan sisanya dari asing," tambahnya.

Hingga saat ini, Danny memperkirakan saham DYAN sudah kelebihan permintaan (oversubscribe) hingga tujuh kali. Sebab, hingga penawaran saham kemarin saja sudah mencapai 98 persen. "Harapannya, hingga akhir penawaran nanti akan lebih lagi," tambahnya.

Dalam IPO ini, jumlah saham yang ditawarkan Dyandra 1,282 miliar saham baru dengan harga Rp 350 untuk setiap saham. Perseroan berharap dari IPO dapat memperoleh dana segar Rp 448,7 miliar.

Tahun ini manajemen fokus mengembangkan tiga gedung konvensi, yaitu pembangunan tahap kedua Bali Nusa Dua Convention Center seluas 25.000 meter persegi; pembangunan Indonesia International Expo di Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, Banten; dan pembangunan Makassar International Convention Center di kawasan Tanjung Bunga, Makassar, Sulawesi Selatan.

Pada akhir penawaran umum, Selasa ini, akan terlihat hasil pemesanan riil saham DYAN, apakah terjadi kelebihan permintaan atau tidak dan di angka berapa.

Tahapan selanjutnya atas saham DYAN adalah penjatahan saham yang dijadwalkan pada 21 Maret 2013. Puncak dari rangkaian IPO adalah pencatatan saham DYAN sebagai emiten di Bursa Efek Indonesia pada 25 Maret 2013.


Penulis: Didik Purwanto
Editor : Erlangga Djumena