Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelamar Memburu Pekerjaan di Bank

Kompas.com - 21/03/2013, 14:43 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Mayoritas jobseekers yang memburu pekerjaan di Kompas Karier Fair (KKF) 2013,  Malang, Jawa Timur, melamar di sektor perbankan. 55 persen dari mereka adalah kaum perempuan.

Di antara bank yang membuka lowongan di KKF 2013 adalah, Bank Mandiri, Bank Arta Graha International, Bank Bukopin, Bank Danamon dan Bank CIMB. "Para jobseekers mayoritas memburu lowongan di perbankan. Dan kebanyakan kaum perempuan. Diperkirakan ada 55 persen perempuan pelamarnya," jelas Nasthasya Prima, Marketing komunikasi, kepada Kompas.com, Kamis (21/03/2013).

Menurut Nasthasya, sejak hari pertama hingga pukul 14.20 WIB, Kamis (21/03/2013) sudah ada 1.700 pelamar yang masuk ke 40 perusahaan yang ada. "Hingga acara ditutup kemungkinan ada 2.000 pelamar yang masuk. Kita menargetkan ada 4.000 pelamar selama dua hari. Tapi angka 2.000 pelamar itu sudah cukup luar biasa banyak," katanya.

Nasthasya mengatakan, animo warga Malang pada bursa kerja KKF ini cukup tinggi. Baik dari kalangan lulusan SMA atau sederajat hingga sarjana. "Tahun depan kemungkinan KKF akan kembali digelar di Malang untuk kedua kalinya," katanya.

Sementara itu, menurut Muhammad, tim rekrutmen di stand Bank Bukopin mengatakan, selama dua hari ini sudah ada 400 pelamar yang masuk ke pihaknya. "Di hari pertama ada 200 pelamar dan hari kedua juga 200 pelamar," katanya.

Ia mengatakan, ada 11 posisi lowongan kerja di Bank Bukopin. "Sebanyak 11 itu untuk di bank Bukopin seluruh Indonesia. Dari jumlah pelamar itu, mayoritas kaum perempuan, sekitar ada 55 persen. Mayoritas baru lulus kuliah," akunya.

Bank Bukopin, tidak menggelar interview. Namun, yang sudah memenuhi kualifikasi sudah diberi tahu waktu untuk interview. "Waktu interview di luar acara ini. Tapi yang dinilai memenuhi syarat sudah diberi tahu waktu interviewnya," katanya.

Sudah ada 50 persen yang sesuai dengan ketentuan dan yang diharapkan Bank Bukopin. "Dari 400 pelamar ada 50 persen yang memenuhi syarat sementara. Dan itu yang akan mengikuti tahap interview nantinya," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com