Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demokrat: Tak Ada Resistensi terhadap Agus Marto

Kompas.com - 26/03/2013, 13:07 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Fraksi Partai Demokrat akan menerima Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia. Pencalonan Agus sebagai Gubernur BI dinilai nyaris tanpa cacat.

Demikian disampaikan Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Saan Mustopa di Kompleks Parlemen, Selasa (26/3/2013). "Hingga saat ini, tidak ada resistensi dari Demokrat. Kapasitas dia sangat memuaskan karena punya pengalaman di Menteri Keuangan," ujar Saan.

Saan mengaku tak mempermasalahkan dengan rekam jejak Agus Marto yang sempat ditolak oleh Komisi XI beberapa waktu lalu dalam pencalonan serupa. Menurut Saan, setelah menjadi Menteri Keuangan, kemampuan Agus Marto kian teruji.

"Dengan bekal di Kementerian Kuangan, maka dia menjadi sosok yang sangat memadai menjadi Gubernur BI," ucap Saan.

Agus Martowardojo merupakan kandidat tunggal Gubernur Bank Indonesia yang diserahkan Presiden kepada pimpinan DPR beberapa waktu lalu. Selanjutnya, DPR melalui Komisi XI melakukan uji kepatutan dan kelayakan kemarin, yang berlangsung selama delapan jam lebih.

Saat itu, Agus Marto dicecar dengan sejumlah pertanyaan, mulai dari pengetahuan tentang ekonomi makro hingga kasus-kasus yang menyeret namanya, termasuk proyek Hambalang. Setelah melakukan uji kepatutan dan kelayakan, semua fraksi akan melakukan rapat untuk memilih calon tunggal itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com